Minuman Daun Kopi ala Batusangkar

Hai Kawan,

Tidak ada rotan, akar pun jadi, tidak ada buah, daun kopi pun jadi. Aia Daun Kawa, minuman dari daun Kopi dengan rasa unik ala Batusangkar.

Menikmati makanan atau minuman khas suatu daerah sudah jadi kewajiban saya kalau sedang menjelajah suatu daerah. Makanya waktu nonton Pacu Jawi di Batusangkar, saya senang sekali saat disuguhi minuman ini. Katanya saya wajib mencoba aia Kawa. Aia Kawa atau Aia Kawa Daun ternyata minuman yang dibuat dari daun kopi.

Cerita yang saya dengar mengenai aia Kawa ini adalah pada saat penjajahan, seluruh buah Kopi dibawa oleh bangsa Belanda untuk diperdagangkan. Masyarakat pribumi yang menanam tanaman kopi ini dengan terpaksa, ingin juga merasakan rasa buah Kopi. Pada saat itu minum kopi hanya untuk kalangan tertentu saja. Tak ada buah kopi, daun kopi pun dinikmati sebagai pengganti. Sampai saat ini masyarakat di Sumatera Barat tetap menikmati air seduhan daun kopi ini.

Proses pembuatan Kawa Daun tidak berbeda dengan pembuatan teh. Daun kopi dikeringkan atau disangrai selama 12 di perapian. Setelah kering, diseduh dengan air dingin lalu dimasak sampai mendidih. Aia Kawa Daun bisa disajikan dengan tambahan gula putih, gula merah ataupun susu kental, sesuai selera.

kawa daunUniknya, aia Kawa Daun tidak disajikan dengan gelas atau cangkir. Secara tradisional disajikannya dalam tempurung kelapa dengan tatakan bambu agar tidak goyang. Ditemani gorengan panas, seperti pisang, tahu, tempe, atau kue bika, minuman ini memang sangat cocok dengan cuaca Batusangkar yang sejuk. Rasanya? Seperti teh dengan aroma kopi. Unik dan nikmat.

Aia Kawa Daun tidak hanya disajikan pada saat acara-acara besar seperti Pacu Jawi. Di beberapa warung atau dangau sepanjang jalan Bukittinggi ke Batusangkar juga tersedia. Cukup cari tulisan besar Kawa Daun. Tidak banyak, tetapi ada. Kamu harus mencicipi minuman unik ini kalau ke Batusangkar!

@kawanjelajah

#ayojelajahindonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s