SEDUHAN DAUN KOPI ALA TANAH DATAR

Hai Kawan,

Tidak ada rotan, akar pun jadi, tidak ada buah, daun pun jadi. Aia Daun Kawa, minuman dari daun Kopi dengan rasa unik ala Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Menikmati makanan atau minuman khas suatu daerah sudah jadi kewajiban saya kalau sedang menjelajah suatu daerah. Makanya waktu nonton Pacu Jawi di Batusangkar, saya senang sekali saat disuguhi minuman ini. Katanya saya wajib mencoba aia Kawa. Aia Kawa atau Aia Kawa Daun adalah minuman yang dibuat dari daun Kopi.

Cerita yang saya dengar mengenai aia Kawa ini adalah pada saat penjajahan, seluruh buah Kopi dibawa oleh bangsa Belanda untuk diperdagangkan. Masyarakat pribumi yang menanam tanaman Kopi ini dengan terpaksa, ingin juga merasakan minuman yang diolah dari buah Kopi. Pada saat itu Kopi hanya untuk kalangan tertentu saja. Tak ada buah Kopi, daunnya pun akhirnya dinikmati sebagai pengganti. Sampai saat ini masyarakat di Sumatera Barat tetap menikmati air seduhan daun Kopi ini.

Proses pembuatan Kawa Daun tidak berbeda dengan pembuatan teh. Daun Kopi dikeringkan atau disangrai selama 12 jam di perapian. Setelah kering, dimasak dengan air sampai mendidih. Aia Kawa Daun bisa disajikan dengan tambahan gula putih, gula merah ataupun susu kental, sesuai selera.

Uniknya, aia Kawa Daun tidak disajikan dengan gelas atau cangkir. Secara tradisional disajikannya dalam tempurung kelapa dengan tatakan bambu agar tidak goyang. Ditemani gorengan panas, seperti pisang, tahu, tempe, atau kue bika, minuman ini memang sangat cocok dengan cuaca Batusangkar yang sejuk. Rasanya? Seperti teh dengan aroma kopi. Unik dan nikmat.

Aia Kawa Daun tidak hanya disajikan pada saat acara-acara besar seperti Pacu Jawi. Di beberapa warung atau dangau sepanjang jalan Bukittinggi ke Batusangkar juga tersedia. Cukup cari tulisan besar Kawa Daun. Tidak banyak, tetapi ada. Kamu harus mencicipi minuman unik ini kalau ke Batusangkar!

Selamat menjelajah!

Kisah & foto oleh @fannygumay untuk kawanjelajah

#ayo_jelajahindonesia

Tinggalkan komentar

close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star