Kalahkan Takut Ketinggian di Bukit Bangkirai

Hai Kawan,

Kapan lagi berjalan di jembatan gantung setinggi 30 meter yang menghubung pepohonan di tengah hutan? Saatnya kalahkan takut ketinggian di Canopy Bridge Bukit Bangkirai.

Setelah beberapa kali mengajukan diri, akhirnya saya mendapat kesempatan untuk ke Balikpapan. Dan berhubung waktu tugas berdekatan dengan hari libur nasional, maka jadwal menjelajah Balikpapan dan sekitarnya pun langsung tersusun.

Bukit Bangkirai! Itu jawaban pasti saya untuk tujuan pertama saat tiba di Balikpapan. Maka dimulailah perjalanan 2 jam menyusuri jalan Soekarno Hatta ke arah Samarinda. Kawasan Bukit Bangkirai sendiri terletak di luar kota Balikpapan. Tepatnya di Kutai Kartanegara, 58 km dari Balikpapan. Saat mobil berbelok ke kiri meninggalkan jalan Soekarno Hatta, jalan mulus beraspal berganti menjadi jalan berbatu dan berlubang. Lebih setengah jam kemudian pintu gerbang kawasan terlihat. Selamat Datang di Kawasan Wisata Alam Bukit Bangkirai.

bangkirai02

Kawasan wisata alam ini dinamakan Bukit Bangkirai karena dominannya pohon jenis Bangkirai yang tumbuh di hutan lindungnya. Pohon Bangkirai pun kemudian dijadikan maskot utama obyek wisata yang telah mendunia ini. Di kawasan banyak terdapat pohon Bangkirai yang berumur lebih dari 150 tahun dengan ketinggian mencapai 40 hingga 50 meter, dengan diameter 2.3 meter. Pertumbuhan banir (akar papan) yang besar dan kuat menjadikan pohon ini memiliki nilai keindahan tersendiri.

Setelah membayar tiket Rp25.000/orang untuk meniti Canopy Bridge, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Kurang lebih 500 meter membelah hutan. Sesekali perjalanan terhalang pepohonan yang miring atau tumbang. Salah satunya adalah sebuah pohon Bangkirai berdiameter 1.1 meter dengan panjang 42 meter. Karena umurnya sudah mencapai 160 tahun dan mati, akhirnya pohon ini sengaja direbahkan agar tidak berbahaya bagi pengunjung.

Sampai di gerbang Canopy Bridge terlihat 2 pohon Bangkirai yang dijadikan poros menara, dan 2 pohon lainnya dengan platform. Keempat pohon tersebut terhubung dengan jembatan gantung sepanjang 64 meter dengan ketinggian 30 meter. Ujian tersendiri bagi yang punya masalah dengan ketinggian. Apalagi saat meniti jembatan ini akan ikut berayun.

Seluruh kayu yang digunakan untuk menara, platform dan jembatan menggunakan kayu ulin. “Canopy Bridge yang ada di Bukit Bangkirai ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan yang kedelapan di dunia. Konstruksinya dibuat di Amerika Serikat, dan dari segi keamanan juga cukup terjamin.” kata Ir Ruspian Noor, salah seorang petugas dari PT Inhutani I. http://www.kutaikartanegara.com

bangkirai08bangkirai11

Saya bukan orang yang akrab dengan ketinggian. Boleh dibilang hubungan kami sangat tidak dekat. Tapi demi menuntaskan rasa penasaran dan kenekatan, saya rela mengakrabkan diri. Di kepala saya cuma ada satu tekad untuk mengalahkan rasa takut ketinggian dengan meniti canopy bridge ini. Dan saya berhasil!

Kamu juga harus kalahkan takut ketinggianmu juga disini. Jadi kalau ke Balikpapan, jangan lupa berkunjung ke Bukit Bangkirai!

Yang perlu kamu tahu:

  • anak-anak dengan tinggi badan dibawah satu meter dilarang naik ke canopy bridge
  • dilarang memakai sandal, berjalan tanpa alas kaki, atau sepatu berhak tinggi
  • maksimal 2 orang yang dapat melewati jembatan pada saat bersamaan dan berada pada jarak lima meter antara satu orang dengan yang lain
  • maksimal delapan orang di platform pada menara – maksimal empat orang di platform pada pohon
  • dilarang memanjat pohon atau platform
  • dilarang berlari atau melompat-lompat di atas canopy bridge
  • dilarang merokok

Canopy Bridge tutup jika:

  • angin melebihi 30 mil/jam
  • malam hari/tidak ada penerangan
  • petir/kilat/halilintar dan hujan

@kawanjelajah

#ayojelajahindonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s