Paket Lengkap Wisata Alam Pulau Bawean

Hai Kawan,

Menjelajah Pulau Bawean itu seperti membeli paket lengkap. Dari laut sampai gunung, dari menunggu matahari terbit sampai menyaksikannya tenggelam. Semua dapat!

Pulau Bawean sebenarnya tidak menjadi pilihan pertama saya untuk menjelajah di long weekend ini. Beberapa kawan mengajak untuk menjelajah daerah lain di Indonesia, yang kemudian satu persatu akhirnya dibatalkan karena berbagai alasan. Cerita ‘buruk’ dari seorang kawan lainnya soal kotor dan ombak yang tinggi juga sempat membuat saya ragu. Akhirnya keputusan untuk berangkat saya ambil tepat satu minggu sebelum hari keberangkatan. Harpitnas dan waktu yang pendek ini juga yang menyebakan saya harus merogoh kantong lebih dalam untuk tiket pesawat Jakarta – Surabaya pulang pergi.

Secara administratif, Pulau Bawean merupakan bagian dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Letaknya di Laut Jawa, 120 km arah Utara Gresik dan sudah dikenal Belanda sejak tahun 1743. Peninggalan zaman kolonial masih bisa dilihat pada bangunan yang terdapat di sana. Luas Pulau Bawean adalah 194 km2, dengan jalan lingkar pulau sepanjang 55 km yang menghubungkan 2 ibukota kecamatan, yaitu Sangkapura dan Tambak. Sangkapura menjadi kota pelabuhan di pulau ini.

1 jam lebih pesawat mendarat di bandara Juanda, Surabaya. Perjalanan dilanjutkan dengan mobil menuju Gresik selama kurang dari 1 jam dan kemudian 3 jam lebih menggunakan kapal cepat. terdapat 2 operator kapal cepat yang melayani rute Gresik – Bawean dan sebaliknya, yaitu Express Bahari dan Natuna Express. Jam keberangkatan, baik dari Gresik ataupun Bawean, adalah jam 9 pagi. Selain kapal cepat, ada juga kapal ferry Gili Iyang, dengan lama perjalanan 8 – 10 jam dari Gresik dan Paciran.

Sebelum menjelajah, tidak banyak yang saya cari tahu, dengan googling, tentang pulau ini. Beberapa foto pulau, pantai, dan Rusa Bawean, serta jadwal perjalanan yang menjadi panduan. Tetapi setelah 4 hari 3 malam menjelajah Pulau Bawean membuka mata saya akan keindahan dan potensi wisata alamnya. Tidak sekedar snorkeling di Karang Pasong, berperahu ke Pulau Gili Nokoh, Gili, dan Nokoh Selayar, serta melihat Rusa saja. Lebih dari itu.

Naik motor di jalanan menyusuri bukit, masuk ke hutan, memotong area persawahan dan kemudian berjalan ditengah hutan untuk menuju Air Terjun Murtalaya dan Danau Kastoba. Pacu adrenalin dengan melompat ke laut di tebing karang Tanjung Gaan. Menikmati matahari terbenam di Pulau Nokoh Selayar, dan mengejar matahari terbit di Lembhing Kopeng serta menikmati wisata kulinernya jadi cerita tersendiri dari Pulau Bawean.

Dengan jarak tempuh dan kondisi laut yang berombak tinggi pada waktu-waktu tertentu memang jadi catatan tersendiri untuk menjelajahi Pulau Bawean. Tetapi kamu harus mengunjungi pulau ini. Pulau yang setelah saya jelajahi, memberikan pengalaman dan pemandangan lebih dari yang saya harapkan.

Ikuti penjelajahan saya di Pulau Bawean. Klik JELAJAH untuk menerima notifikasinya lewat email.

@kawanjelajah

#ayojelajahindonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s